Bahaya Mengkonsumsi Sayap dan Ceker Ayam Broiler

Bang Gaos Blog - Kabar buruk nampaknya datang bagi para penikmat olahan daging ayam. Pasalnya ada beberapa bagian dari ayam yang memiliki dampak negatife bagi kesehatan. Daging ayam yang merupakan sumber protein hewani menjadi pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan lauk santap sehari-hari.
Bahaya Mengkonsumsi Sayap dan Ceker Ayam Broiler

Bagi mereka yang menghindari daging merah, ini merupakan pilihan yang bijak. Bagian ayam yang saat ini banyak diminati dan menjadi favorit banyak orang diantaranya adalah sayap dan ceker.
Namun, ternyata oh ternyata mengkonsumsi sayap dan ceker tidak selamanya baik untuk kesehatan, terutama bagi kamu hawa (perempuan).

Dilansir dari sebuah portal berita Tempo.co terdapat sebuah kasus di negara Cina. Bahwasanya seorang artis perempuan yang bernama Xia Yi mengidap penyakit yang bernama endometriosis atau lebih dikenal dengan kista coklat. Setelah mengalami pemeriksaaan ternyata penyakit ini disebabkan oleh serignnya mengkonsumsi daging ayam bagian sayap dan ceker secara berlebihan.

Karena penyakitnya tersebut, Xia Yi harus menjalani operasi tumor penuh dengan darah yang memiliki warna hitam pekat. Sayangnya penyakit tersebut tidak bisa hilang begitu saja setelah selesai operasi. Setelah beberapa bulan berlalu, penyakit tersebut dikabarkan kambuh dan membuat artis Xia Yi harus berkonsultasi ke ginekolog.

Pemeriksaan dari ginekolog memberikan sebuah jawaban yang membuat Xia Yi kaget bukan kepalang, karena ternyata penyebab dari penyakitnya adalah dua makanan kesukaannya, yaitu Sayap dan ceker ayam broiler.

Kedua bagian tersebut memiliki tingkat bahaya saat dikonsumsi berlebih dikarenakan biasanya saat di peternakan ayam selalu disuntik dengan hormon pertumbuhan dan beberapa antibiotik di sayap. Sehingga hasil alhirnya menyebabkan penumpukan yang membuat ceker atau kaki ayam membesar.

Saat mengkonsumsi sayap atau ceker ayam broiler, perempuan akan menambah sekresi hormon di dalam tubuh. Akibatnya, hormon sekunder akan terakumulasi menjadi racun yang kemudian berakhir sebagai karsinogen.

Hal inilah yang membuat perempuan yang terlalu hobi makan sayap dan ceker ayam menjadi rentan terkena kanker yang berkaitan dengan kelenjar hormonal, seperti kanker rahim, kanker serviks, dan kanker payudara.

Baca juga: Penyebab Penyakit Asma dan Cara Penyembuhannya

Walaupun efek dari mengkonsumsi sayap dan ceker ayam broiler tidak akan dirasakan langsung, namun ada baiknya Kita mulai mengurangi konsumsi sayap dan ceker ayam broiler. Kita tidak tahu seperti apa perawatan yang diberikan peternak kepada ayam-ayamnya.

Sumber Asli "Bahaya Mengkonsumsi Sayap dan Ceker Ayam Broiler": Tempo.co

No comments for "Bahaya Mengkonsumsi Sayap dan Ceker Ayam Broiler"