Populer Kecerdasan Buatan Ternyata ini Kecerdasan yang Dimiliki Manusia

Populer Kecerdasan Buatan Ternyata ini Kecerdasan yang Dimiliki Manusia - Pernahkah kita mengamati setiap anak yang hadir dilingkungan kita, atau pernahkah kita menyadari tentang keahlain kita. Entah itu bidang olahraga, Sains, Matematika, atau mungkin keahlian-keahlian lain. Dan semuaitu merupakan bentuk dari kecerdasan yang kita miliki.

Hakikatnya, tuhan telah menciptakan setiap makhluk dengan segala kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu jangan kita merasa berkecil hati apabila tidak mampu melakukan hal yang dilakukan oleh orang-orang sekitar kita. Tentunya semua hal-hal yang bersifat baik dan bermanfaat.
 
Populer Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Manusia

Macam-macam Kecerdasan yang Dimiliki Manusia

Menurut penelitian dari Dr. Howard Gardner dari Universitas Harvard, setiap anak memiliki setidaknya delapan jenis kepintaran. Kedelapan jenis kepintaran ini disebut sebagai Teori Kepintaran Multidimensi.

Teori Kepintaran Multidimensi ini dapat memberikan orang tua laporan baik untuk membantu anak-anak mereka dalam belajar dan menjadi yang terbaik dari masing-masing kepintaran mereka yang meonjol.  

Delapan Jenis Kecerdasan Yang Kita Miliki

Untuk anak yang berumur antara 1 sampai 6 tahun, yang penting bagi orangtua adalah menyediakan lingkungan di rumah di mana tiap kepintaran tersebut dapat dipupuk dan dikembangkan. Berikut adalah beberapa ide peralatan yang orangtua dapat gunakan untuk membantu menstimulasi perkembangan kecerdasan anak-anak mereka:

Kepintaran Linguistik (Word Smart)

Buku anak-anak, majalah untuk aktivitas memotong, perekam suara untuk merekam suara mereka, huruf alfabet dengan ukuran dan bentuk yang berbeda, perlengkapan menggambar dan kertas untuk menulis; stampel alfabet, susun bangun kata.
 

Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart)

Barang untuk dihitung, dipilah dan dikelompokkan (misalnya kancing baju, koin, batu, sapuan warna), bangun susun angka dalam berbagai ukuran dan bentuk, timbangan untuk mengukur berat sesuatu, pita pengukur, gelas ukur, komputer, teka-teki logika, mainan balok berpola, sempoa.
 

Kepintaran Visual-Spasial (Picture Smart)

Buku bergambar, bahan menggambar dan perlengkapan seni lainnya (cat, kapur tulis berwarna, bahan kolase, pastel, tanah liat mainan, dll); gambar bongkar pasang, peta, barang berbentuk geometri, kamera untuk mengambil foto.  
 

Kepintaran Musikal (Music Smart)

Peralatan perkusi, keyboard elektronik, drum, piano atau alat musik lainnya, rekaman musik untuk didengarkan anak.
 

Kepintaran Kinestetik (Body Smart)

Sebuah kotak pasir; mainan lego and/atau balok dari kayu, peralatan olahraga atau gym, tali untuk lompat tali, sepeda beroda tiga, perlengkapan olahraga, perlengkapan kerajinan kayu untuk membangun sesuatu.
 

Kepintaran Interpersonal (People Smart)

Kostum untuk permainan peran (make-believe), rumah boneka, segala jenis boneka dan boneka hewan, figur miniatur, wayang/boneka dan teater boneka/wayang, permainan papan (board games).
 

Kepintaran Intrapersonal (Self Smart)

Ruangan pribadi untuk menyendiri, bahan untuk hobi khusus yang disukainya, materi dan mainan untuk drama peran, buku diary.   
 

Kepintaran Naturalis (Nature Smart)

Sebuah akuarium, terrarium, binatang peliharaan keluarga, kebun, tanaman dalam ruangan, penunjuk arah angin, teropong binokuler untuk melihat burung.   
 
Orangtua tidak harus menyediakan semua peralatan tersebut, ini adalah hanya beberapa saran peralatan yang dapat membantu memicu minat sang anak di pintarkepintaran tertentu.

Sama halnya, orangtua sebaiknya menyediakan pengalaman bagi seluruh anggota keluarga yang dapat memicu perkembangan kepintaran tersebut. Berikut adalah beberapa saran untuk kegiatan keluarga:
 
Orangtua juga dapat mengajarkan anak  dengan menggunakan pendekatan Teori Kepintaran Multidimensi. Contohnya, jika orangtua ingin mengajarkan anak untuk menggosok giginya dan tahu bahwa anak memiliki kecenderungan Kepintaran Musikal (Music Smart), orangtua dapat mencari (menciptakan) lagu yang ada hubungannya dengan tata cara untuk menggosok gigi.

Atau, jika orangtua ingin mengembangkan minat membaca dalam diri anak, dan tahu bahwa dia memiliki kecenderungan Kepintaran Kinestetik (Body Smart), orangtua dapat menyediakan anak dengan buku dengan aplikasi touch and feel untuk dibaca sehingga terbangun stimulasi yang nyata ketika dia sedang membaca.

Baca Juga: 

Makanan ini dibuat dari bahan yang tidak lazim dan masih ada hingga kini


Hal terpenting adalah untuk selalu ingat bahwa orang tua perlu menyediakan kesempatan dan mendukung anak untuk bisa mengembangkan kedelapan jenis kecerdasan yang dimiliki anak tersebut. Sehingga agar kelak dapat dimiliki anak secara alamiah seiring dengan berjalannya waktu. Dan terlebih lagi, memberikan motivasi tambahan di area-area dimana mana anak dapat menunjukkan keunggulan di kepintaran tertentu. Dengan cara-cara inilah, orang tua dapat membantu anak untuk menjadi yang terbaik dan apapun yang dia inginkan dalam hidupnya.


2 comments for "Populer Kecerdasan Buatan Ternyata ini Kecerdasan yang Dimiliki Manusia"

  1. Postingannya sangat bermanfaat setelah saya baca semuanya.. Salam sukses selalu dari Asep Media Blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kang asep, terima kasih atas kunjungannya

      Delete

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. Komentar anda dapat membangun blog ini lebih informatif dan kreatif. Dilarang meninggalkan komentar yang berbau spam (bersifat pronografi, judi, link aktif dan promosi produk)