Menentukan Konsep Layout Template Blogger

Menentukan Konsep Layout Template Blogger - Menentukan layout template merupakan langkah awal yang akan dilakukan sebelum membuat sebuah template yang utuh. Selain itu layout template sangat dibutuhkan untuk memberikan desain dan tata letak yang diinginkan.

Layout template yang baik adalah layout yang memiliki tampilan simpel dan mudah dipahami kelak oleh para viewer yang berkunjung pada web pengguna. Selain daripada itu layout template menentukan kenyamanan dalam membaca setiap konten yang disediakan. Semakin menarik tampilan juga akan semakin membuat nyaman para pengunjung.

Menentukan Konsep Layout Template Blogger
Picture by Banggaos


Mengenal Bagian Template Blogger/Blogspot Sederhana

Tentunya dari template blogger yang akan kita buat memiliki beberapa bagian yang penting. Berikut adalah bagian-bagian sederhana yang dimiliki oleh sebuah template blog.

1. Header

Header merupakan bagian pertama dari sebuah template. Layaknya sebuah surat ternyata template memiliki sebuah kepala. Adapun fungsi dari bagian header ialah untuk memberikan keterangan tentang nama web/blog. Nama blog ini merupakan hal penting yang perlu ditampilkan, sebab dengan terlihatnya nama blog bisa memberikan dampak "branding name" pada situs milik kita.

2. Navigasi Bar/Menu Bar

Sesuai dengan namanya, bagian navigasi menu atau navbar merupakan bagian penunjuk bagian dalam sebuah web atau blog. Menu navbar memberikan opsional tema yang akan kita pilih atau kita perlukan.

3. Main/Content page

Yaitu bagian paling penting dari sebuah template. Bagian ini menampilkan halaman dari konten yang akan disajikan dari si pemilik web/blog.

4. Sidebar

Dari namanya kita bisa menebak posisi dari sidebar. Yah, bagian ini berada di samping main warpper atau content page. Biasanya dipergunakan untuk menampilkan informasi seperti postingan populer, iklan dan keterangan lainnya.

5. Footer

Bagian ini merupakan bagian kaki dari sebuah template atau bisa dibilang bagian akhir dari bagian pokok template. Fungsinya bermacam-macam, tergantung peran apa yang ingin kita berikan. Ada sebagai media iklan, copyright, tempat sosial media icon dll.

Nah, itulah bagian pokok dari sebuah template yang bisa kita coba terapkan pada konsep layout template blogger yang akan kita coba buat. Cukup sederhana dan mudah sekali bukan. Sementara sampai disini dulu, nanti kita sambung ke pengenalan HTML dan CSS untuk merealisasikan konsep tadi.


No comments for "Menentukan Konsep Layout Template Blogger"